Motor Kunci Setang ke Arah Kanan Apakah Memang Sulit Dicuri?

Motor Kunci Setang ke Arah Kanan Apakah Memang Sulit Dicuri? – Pencurian terhadap kendaraan bermotor kini masih marak terjadi. Tak hanya lokasi yang sepi, banyak pencuri yang nekat melancarkan aksinya meski di lokasi ramai di siang hari saat motor tengah parkir di depan pertokoan atau sisi kiri dari jalan. Hal ini tentunya menuntut pengendara untuk lebih waspada terhadap keamanan motor.

Kebituhan di masyarakat yang semakin meningkat menjadikan beberapa orang melakukan tindak kejahatan, salah satunya mencuri motor. Swdikit ada peluang saja bisa jadi merupakan kesempatan yang baik bagi para curanmor.

Seperti dibahas di beberapa web motor, meski beberapa pabrikan sudah menyematkan sistem keamanan cukup canggih pada sepeda motor, aksi pencurian sering kali terjadi hanya dalam hitungan menit saja. Beberapa waktu yang lalu banyak beredar informasi di media sosial terkait dengan penguncian setang menghadap ke kanan lebih aman jika dibandingkan ke arah sebaliknya, benarkah demikian?

Menanggapi hal tersebut, salah satu pengamat motor pun membenarkan hal tersebut. Ia menilai setang motor yang menghadap kanan ternyata lebih menyulitkan pencuri saat hendak melakukan aksi pencuriannya. Sebenarnya motor memang dari dulu sudah bisa kunci ke kanan dan kiri. Memang prinsipnya kunci setang mau ke arah kanan atau ke kiri bebas saja. Arah yang susah dibobol itu memang jika menghadap kanan. Begitu setang motor miring ke arah kanan, setang akan berada di atas lubang kunci.

Posisi kunci motor bebek dan skutik yang berada di bawah setang dinilai akan lebih menyulitkan pencuri saat harus mencungkil kunci kontak kendaraan yang akan dicuri. Untuk kunci yang di atas sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, cuma memang untuk jenis motor matik atau cab (bebek) posisi kuncinya berada di bawah setang, sehingga saat dikunci posisi ke arah kanan, menutup keluasaan orang untuk dapat mencungkil bagian kuncinya. Hal ini lebih kepada ruang geraknya aja. Untuk sistem kerjanya sama saja meski ke arah kanan maupun kiri.

Banyak orang tidak menyadari meski sudah banyak mendapat informasi dari web motor.Waktu yang dibutuhkan untuk dapat merusak kunci kontak akan lebih lama, sehingga memposisikan setang menghadap ke arah kanan akan cukup berpengaruh pada sistem keamanan motor.

Semakin beragamnya teknik yang digunakan untuk mencuri motor, sepatutnya menjadikan masyarakat lebih waspada. Jangan malas untuk mengunci setang motor. Tak ada salahnya untuk swnantiasa waspada. Kejahatan dan pencurian kini semakin marak dan nekat sehingga tak mengenal apakah tempat tersebut sepi atau tidak.

Tips-tips lain tentang keamanan motor kini bisa dengan mudah Anda temukan dan dibaca di web motor terpercaya. Sangatlah penting untuk memperhatikan keamanan karena tak hanya merawat mesin atau bagian luar motor saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *